Senin, 02 Januari 2012

Isolasi Asama Deoksi Nukleat (DNA) Cyprinidae (Cyprinus carpio) dengan PCR RFLP

Bioinformatika, sesuai dengan asal katanya yaitu “bio” dan “informatika”, adalah gabungan antara ilmu biologi dan ilmu teknik informasi (TI). Pada umumnya, Bioinformatika didefenisikan sebagai aplikasi dari alat komputasi dan analisa untuk menangkap dan menginterpretasikan data-data biologi. Ilmu ini merupakan ilmu baru yang yang merangkup berbagai disiplin ilmu termasuk ilmu komputer, matematika dan fisika, biologi, dan ilmu kedokteran, dimana kesemuanya saling menunjang dan saling bermanfaat satu sama lainnya.

bioinformatika yang dimaksudkan dalam jurnal yang berjudul "Isolasi Asama Deoksi Nukleat (DNA)  Cyprinidae (Cyprinus carpio) dengan PCR RFLP" adalah untuk mengulas tentang bioinformatika dalam bidang budidaya terutama ikan Mas. teknologi yang digunakan yaitu dengan menggunakan teknik PCR, yaitu PCR (Polymerase Chain Reaction) merupakan suatu teknik perbanyakan (amplifikasi) potongan DNA secara in vitro pada daerah spesifik yang dibatasi oleh dua buah primer oligonukleotida. Primer yang digunakan sebagai pembatas daerah yang diperbanyak adalah DNA untai tunggal yang urutannya komplemen dengan DNA templatnya. Proses tersebut mirip dengan proses replikasi DNA secara in vivo yang bersifat semi konservatif.

ikan mas telah banyak dilakukan pembudidayaan pada masa sekarang ini, ikan mas juga memiliki berbagai jenis strain ikan. ikan mas yang berasal dari berbagai daerah akan cenderung endemik atau memiliki kecenderungan penyesuaian terhadap daerah yang sedang ditempatinya, sehingga terkadang menyebabkan ikan mengalami perubahan kualitas genetik. untuk mencegah dan mengetahuinya maka dilakukan metode DNA dengan menggunakan teknik PCR RFLP.

tujuan dari penelitian tersebut adalah untuk melihat organ ikan seperti jantung, hepar, dan darah yang berkaitan dengan organ-organ lain melalui metode PCR-RFLP. 
metode yang dilakukan yaitu dengan melakukan pembedahan pada ikan Mas dengan mengambil organnya kemudian digerus hingga halus kemudian akan didapatkan isolat yang digunakan untuk isolasi dan ekstaksi DNA.

analisis RFLP adalah metode yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi karakter polimorfik (dasar perubahan) yaitu mendefinisikan liniage DNA untuk analisis philogenetiknya, termasuk dengan enzim restriksi untuk menandai bagian polimorfisnya. hasil dari penelitian menunjukkan bahwa hasil restriksi DNA genom dengan menggunakan enzim restriksi EcoRi dengan analisis PCR-RFLP mempunyai panjang pita 12 kb pada amplifikasi genom DNA dan 4 kb pada hasil retriksi EcoRi.
penelitian tersebut menunjukkan bahwa isolasi DNA pada organ tubuh ikan Mas dengan menggunakan enzim restriksi Ecori profil DNA dari organ jantung, hepar, darah adalah monoformik.

penelitian tersebut diatas dapat dimanfaatkan untuk melihat profil genetika DNA dari C.carpio dan juga untuk menganalisa bagaimana karakter DNA pada saat ikan tersebut terinfeksi oleh bakteri atau patogen. keterkaitan antara kualitas genetik suatu individu terhadap infeksi penyakit tertentu dapat pula mempengaruhi kualitas genetika ikan C.carpio.



ulasan mengenai jurnal yang berjudul "Isolasi Asama Deoksi Nukleat (DNA)  Cyprinidae (Cyprinus carpio) dengan PCR RFLP" dibuat untuk memenuhi tugas Teknologi Informasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar